Kegiatan Posbindu Karangtengah

Image

Cilongok1-Sebagai program rutin, Posbindu Karangtengah yang merupakan Posbindu rintisan selalu menggelar kegiatan dengan diikuti masyarakat dengan antusias. Seperti pada Senin (11/3), dilaksanakan kegiatan dengan diikuti warga Desa Karangtengah dengan penanggungjawab Nur Wiji Amd Keb, Lely Ngatikoh AMK dan Abduh Hasan AMK.

Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH mengatakan, perkembangan Posbindu dari jumlah peserta mandiri awalnya hanya 30 orang, tetapi sekarang sudah mencapai lebih 150 warga aktif. Hal itu sangat positif dengan kegiatan yang langsung mendapat respon baik oleh warga.

"Kegiatannya terdiri dari senam, penyuluhan penyakit, body fat analizis - konseling dan pengobatan. Dan apa yang dilaksanakan berarti dirasakan manfaatnya oleh warga sehingga perkembangan sangat bagus,"jelasnya.

Selain itu, dr Teguh melanjutkan, peran Kader dan pendamping dalam menyadarkan penderita juga keluarganya untuk lebih perhatian terhadap kesehatannya sendiri melalui PHBS sangat komunikatif dan bagus. Sehingga dalam setiap sosialisasi pelayanan pemeriksaan posbindu, masyarakat sangat antusias.

"Kader dan masyarakat bisa lebih memahami dan berkomunikasi baik dengan pasien maupun petugas Puskesmas 1 Cilongok. Sehingga program dapat berjalan dengan baik dan warga dapat lebih memahami akan pentingnya kesehatan,"katanya.

Menurut dr Teguh, kegiata berjalan baik dan diharapkan masyarakat sasaran bisa mandiri juga bisa rutin melakukan pemeriksaan ke posbindu.
Sosialisasi agar masyarakat lainnya juga lebih peduli atas kesehatan diri maupun keluarga dan lingkungannya.

Pemerintah desa melalui Kepala Desa Karangtengah Rusdi Mulyanto mengatakan, dengan makin mendukung pemeriksaan dan pengobatan masyarakatnya di posbindu diharapkan intervensi sosialisasi ke masyarakat semakin membaik.

"Yaitu dengan indikator meningkatnya kepesertaan dan partisipasi warga serta menurunnya angka kesakitan di masyarakat. Semoga makin banyak lagi warga yang aktif dalam Posbindu kami,"harapnya. (Blakasuta Squad)

.

Komentar