Kunjungan Ibu Hamil Resti di Karangtengah

Image

Cilongok1-Pada Jumat (19/7) lalu, Puskesmas Cilongok 1 melaksanakan kunjungan ke rumah Ibu hamil resiko tinggi di Desa Karangtengah Kecamatan Cilongok. Salah satu alasan kegiatan karena ibu hamil resiko tinggi jarang memeriksakan kehamilannya. Biasaya di bidan praktek mandiri sejak minggu awal kehamilan.

Kepala Puskesmas Cilongok 1 dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, bidan desa melakukan koordinasi dengan bidan wilayah, kemudian bidan koordinator dokter wilayah dan pihak terkait lainnya termasuk kades dan camat.

"Jadi di wilayah Karangtengah kami temukan ibu hamil resti. Dan kami lakukan pemeriksaan karena sudah jarang memeriksakan kehamilannya. Lalu kami koordinasi dengan bidan desa, wilayah termasuk kades dan camat,"jelasnya.

Lebih lanjut dr Teguh mengatakan, bidan desa terus rutin melakukan kunjungan rumah untuk pemantauan tensi. Pasien dengan riwayat hipertensi harus dilakukan pemantauan yang melekat karena kehamilan akan beresiko.

"Jadi kehamilan resiko tinggi terjadi pada usia ibu yang terlalu muda atau terlalu tua, terlalu sering hamil dan ada riwayat penyakit penyerta pada ibu hamil seperti hipertensi-TBC-jantung dan lainnya,"katanya.

Dari hasil pemantauan oleh bidan desa, diharapkan dengan kegiatan tersebut dapat diterima pemahamannya oleh masyarakat dan didukung oleh lintas sektoral lainnya. Puskesmas melalui bidan membutuhkan kerja sama dengan lintas sektoral melalui kunjungan rumah dan laporan masyarakat sekitarnya.

"Pasien harus terus dimotivasi agar mau melaksanakan pemantauan periksa di RS mengingat kehamilan resiko tinggi tersebut. Alhamdulillah setelah ada kegiatan ini dan diberi masukan oleh puskesmas juga camat, masyarakat terutama ibu hamil resiko tinggi dan keluarga memahaminya,"pungkasnya. (Blakasuta Squad)

.

Komentar