Test Kebugaran Calon Haji Cilongok

Image

Cilongok 1-Mempersiapkan calon jamaah haji supaya mempunyai kebugaran dan kesehatan dalam menunaikan ibadah haji, Puskesmas 1 Cilongok melaksanakan test kebugaran bagi 83 calon jamaah haji tersebut pada Jumat (18/1) pukul 06.30 WIB di Lapangan Petir Desa Cilongok.

Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, Test Kebugaran awal ini dimulai pukul 06.30 WIB dengan peserta yang hadir 73 orang. Setelah kumpul, peserta mengikuti Test Rockport maupun Six Minutes Test.


"Hasil ini untuk analisa kebutuhan pemantauan kesehatan calon haji agar saat ibadah dalam kondisi prima kesehatannya. Kesehatan calon haji terus dipantau,"jelasnya.


Kegiatan dengan penanggung jawab Inayatur Rohmah SKM dan dr Nurul Eka Santi dilaksanakan dengan lancar. Terkait dengan tahapan pemeriksaan haji, dr Teguh menjelaskan tahap pemeriksaan seperti pemeriksaan masa tunggu dengan kegiatan sosialisasi pemeriksaan kesehatan.


"Selain itu ada pemeriksaan kesehatan tahap 1 yaitu EKG Rontgen dan Laboratorium lengkap. Lalu ada pembinaan masa tunggu meliputi Test Kebugaran, Penyuluhan, Konseling dan Pemeriksaan dokter tiap bulan,"jelasnya.
Dr Teguh melanjutkan, tahapan selanjutnya adalah Pembinaan Masa Keberangkatan yang meliputi pemeriksaan tahap 2 dimana pemeriksaan sama dengan tahap pertama.


"Ada juga pembinaan masa tunggu seperti Tes Kebugaran, Penyuluhan, Konseling dan Pemeriksaan dokter tiap bulan. Lalu Vaksinasi dan Pemeriksaan obat bawaan menjelang keberangkatan,"jelas dr Teguh.


Sementara untuk pemeriksaan pasca keberangkatan adalah pelacakan kondisi kesehatan jemaah haji. Dari tahapan tersebut saat ini kita memasuki pembinaan masa tunggu dan Test Kebugaran sebagai dasar edukasi dan pemprograman pemeliharaan serta pemantauan kesehatan calon haji. (Blakasuta Squad)

 

.

Komentar