Surveillance Pelacakan Gizi Buruk di Desa Panembangan

Image

Cilongok1-Untuk memantau keadaan kesehatan balita dengan status gizi buruk, Puskesmas Cilongok 1 melaksanakan kegiatan Surveillance Pelacakan Gizi Buruk di Desa Panembangan Kecamatan Cilongok pada Sabtu (6/7) di Desa setempat.

Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, tujuan kegiatan untuk pantauan keadaan balita dengan status gizi buruk dilaksanakan secara rutin oleh Puskesmas 1 Cilongok di wilayah kerjanya. Kegiatan dikoordinir melalui penanggunh jawab kegiatan yaitu bagian gizi dan bidan desa.

"Dari kegiatan tersebut didapatkan data mengenai Antropometri, Food Frequency serta Gambaran Pola Asuh pendamping balita. Dari hasil FFQ didapatkan intake asupan yg masih kurang dari kebutuhan dan karena balita diasuh oleh nenek maka pola asuh kurang bagus,"jelasnya.

dr Teguh menambahkan, selain itu, melalui kegiatan tersebut juga disampaikan edukasi untuk pendamping dan keluarga tentang diet tinggi kalori tinggi protein untuk balita serta perbaikan pola tidur karena balita tersebut mempunyai pola tidur yang kurang baik.

"Disarankan untuk selalu memantau pertumbuhan dan perkembangan melalui posyandu secara rutin. Bidan desa juga harus pro aktif terus turun ke wilayah,"harapnya. (Blakasuta Squad)

.

Komentar