SAMA SAKU Karangtengah Kunjungan ke Masyarakat Bersama PMO

Image

Cilongok1-SAMA SAKU Karangtengah melaksanakan kunjungan ke masyarakat untuk memantau kesehatan di wilayah kerja Puskesmas 1 Cilongok pada Jumat (25/1) kemarin.

Sebagai penanggungjawab kegiatan adalah Abduh Hasan AMK dan Nur Afandi S Kep Ners yang datang ke rumah warga dengan riwayat TBC dan pengobatannya didampingi PMO (Pendamping Minum Obat).


Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, banyak ditemui kasus TBC di wilayah kerja Puskesmas 1 Cilongok, SAMA SAKU terus intens turun ke masyarakat. Kasus di Desa Karang tengah sementara ini Suspek TBC ada 16 dan yang positif 3 kasus dan 2 diantaranya berobat secara aktif.Dalam setiap kunjungan, pihaknya menjelaskan dan memberikan informasi seputar TBC dan pengobatannya.


"Melalui SAMA SAKU yang turun langsung ke masyarakat, diharapkan dapat melatih dan menyadarkan penderita juga keluarganya untuk lebih perhatian terhadap kesehatannya sendiri melalui PHBS. Kami juga menyampaikan sosialisasi pelayanan pemeriksaan TBC secara gratis dan bisa diobati sampai sembuh,"jelasnya.


Sementara untuk PMO (Pendamping Minum Obat), kata dr Teguh, diharapkan bisa lebih memahami dan berkomunikasi baik dengan pasien maupun petugas Puskesmas 1 Cilongok.


"Kegiatan kemarin berjalan dengan baik. Diharapkan masyarakat sasaran bisa mandiri juga bisa rutin melakukan pemeriksaan ke puskesmas. Lalu terkait sosialisasi agar masyarakat lainnya juga lebih peduli atas kesehatan diri maupun keluarga dan lingkungannya,"harapnya.


PMO semakin mendukung pemeriksaan dan pengobatan TBC di puskesmas. Intervensi sosialisasi ke masyarakat diharapkan semakin membaik dengan indikator menurunnya angka kesakitan akibat TBC dan banyak relawan PMO di wilayah kerja puskesmas. (Blakasuta Squad)

.

Komentar