Nginceng Wong Metheng Neng Sokawera

Image

Cilongok1-Lebih dekat dengan masyarakat dalam pemantauan kesehatan terutama pada Ibu Hamil, Puskesmas 1 Cilongok dengan program "Nginceng Wong Metheng". Pada Selasa (12/2), penanggungjawab kegiatan Fenty Ulviana Amd Keb melaksanakan kegiatan tersebut dengan diikuti 55 Bumil Desa Sokawera.

Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, dengan melakukan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan ibu hamil dengan datang ke desa wilayah kerja Puskesmas 1 Cilongok.

"Dilaksanakan Screening ibu hamil resiko tinggi dan kondisinya. Sehingga bumil teredukasi jika ada hal yang dirasakan dalam kehamilannya harus melakukan seperti apa. Hal itu supaya bumil tidak bingung,"jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga diketahui banyak ibu hamil dibawah usia 20 tahun karena pernikahan usia muda. Hal itu juga menjadi perhatian sendiri bagi Puskesmas 1 Cilongo. Selain itu ada kondisi geografis Desa Sokawera yang sulit diakses secara langsung. Sehingga menyulitkan bumil atau menjadi kendala.

"Sebanyak 55 ibu hamil diperiksa lengkap mulai Timbang Badan, Tensi dan Pemeriksaan Kondisi Kehamilan lainnya,"katanya.

dr Teguh berharap semua ibu hamil sadar dan selalu melakukan pemeriksaan kehamilannya. Sementara bagi suami sebaiknya juga mendampingi dan selalu mensupport istri untuk pemeriksaan selama kehamilannya.

"Keluarga memperhatikan dan support pembiayaan persalinan. Petugas puskesmas dan bidan desa melakukan pemantauan secara melekat menjaga agar kehamilan aman agar ibu dan bayi lahir sehat selamat,"pungkasnya. (Blakasuta Squad)

.

Komentar