Sahabat Gigi Anak MI Panembangan

Image

Cilongok1-Masih ditemukannya kasus anak-anak dengan gigi yang rusak seperti ompong dan gupis, menandakam pola perawatan kesehatan gigi belum maksimal. Untuk itulah, Puskesmas 1 Cilongok melaksanakan kegiatan Sahabat Gigi Anak di MI Muhammadiyah Panembangan pada Sabtu (16/2) kemarin. Pelaksana kegiatan yaitu drg. Dini Kartikasari dan Damela Putri Amd KG.

Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH mengatakan, masa anak usia sekolah merupakan masa untuk meletakan landasan pokok bagi terwujudnya manusia yg berkualitas. Kualitas diharapkan meliputi terjaga dan terpeliharanya seluruh aspek kesehatan.

"Salah satunya yang banyak dialami oleh anak usia sekolah adalah tentang kesehatan gigi. Dalam rangka meningkatkan kesehatan gigi anak, kami mengadakan kegiatan Sahabat Gigi Anak di berbagai sekolah dan saat ini kami laksanakan di MI Muhammadiyah Panembangan,"jelasnya.

Untuk kegiatan yang dilaksanakan, lanjut dr Teguh, beberapa materi diantaranya tentang kesehatan gigi, seperti cara sikat gigi yang benar. Pihaknya melakukan pemeriksaan, penyuluhan dan sikat gigi bersama. Untuk data siswa yang diperiksa adalah kelas 3 dan kelas 4 Kelas 3, laki-laki 9 anak dan perempuan 6 anak.

Hasilnya adalah Rekomendasi Tindakan yaitu Penambalan 12 anak, Pencabutan 9 anak, Scaling 2 anak dan Premedikasi 2 anak. Siswa yang tidak ada keluhan atau sehat hanya 1 orang dari 15 orang yg diperiksa. Untuk Kelas 4 diperiksa ada 7 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Rekomendasi Tindakan yaitu Penambalan 15 anak, Pencabutan 15 anak, Scaling kosong dan Premedikasi ada dua anak.

Dari kelas 4 yg diperiksa semua siswa terdapat keluhan. Siswa yang diperiksa diberi surat rekomendasi untuk diberikan ke orangtuanya agar bisa ditindak lanjuti untuk dibawa ke puskesmas agar bisa dilakukan tindakan pencabutan, penambalan, scaling dan premedikasi,"jelasnya.

Setelah pemeriksaan siswa diberi penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut, dan melaksanakan sikat gigi secara bersama. (Blakasuta Squad)

.

Komentar