Pelatihan Kader Kesehatan Remaja (KKR)

Image

Cilongok 1-Selama dua hari, sejak Senin-Selasa (25-26/2) digelar pelatihan Kader Kesehatan Remaja (KKR) yang diikuti 70 siswa dari 7 SMP/MTs wilayah kerja Puskesmas I Cilongok, tiap sekolah mengirimkan 10 orang siswa. Kegiatan dilaksanakan di Aula Puskesmas 1 Cilongok dengan penanggungjawab Damela Putri Inan Kusumaningrum, AMKG.

Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH mengatakan, digelarnya kegiatan tersebut dengan latarbelakang permasalahan yang ada pada remaja khususnya anak usia SMA ataupun sederajat sangatlah kompleks. Maka sangat perlu adanya program untuk melakukan pencegahan maupun penanggulangan secara dini.

"Nah penanggulangannya secara diri melibatkan pihak sekolah dan puskesmas serta masyarakat. Oleh sebab itu, masa remaja merupakan tahap penting dalam siklus kehidupan manusia. Sehubungan dengan hal tersebut maka diperlukan suatu program yang mendukung tingkat perkembangan masa remaja yang baik,"jelasnya.

Bentuk programnya adalah, lanjut dr Teguh, melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dengan salah satu kegiatannya yaitu pembentukan Kader Kesehatan Remaja yang melibatkan sekolah. Kader Kesehatan Remaja adalah peserta didik yg dipilih guru guna mengikuti dan melaksanakan sebagian usaha pelayanan kesehatan terhadap diri sendiri, keluarga, teman, peserta didik pada khususnya dan sekolah pada umumnya.

"Pelatihan di mulai pukul 08.00 sampai selesai. Peserta sangat antusias dalam kegiatan ini. Diharapkan apa yang didapat dalam pelatihan dapat ditularkan kepada teman, keluarga baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat,"katanya.

Untuk kegiatan, Sebelum acara dimulai, sambutan dari Kepala Puskesmas I Cilongok yaitu dr. Teguh Ariyanto, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. Sebelum materi di sampaikan peserta mengerjakan soal pre test untuk mengetahui kemampuan awal siswa mengenai materi yang akan di sampaikan.
Untuk materi yang di sampaikan pada hari pertama Penyakit Menular dan Tidak Menular serta cara pencegahannya oleh dr. Prayogo, Gizi seimbang, Kantin Sehat dan Stunting olehDesti Novitasari AMG , NAPZA dan Bahaya Merokok oleh dr. Anindya, Higiene Sanitasi Sekolah oleh Mahasiswa Kesehatan Lingkungan dan P3K oleh Sutrisno.

Sementara untuk hari kedua ada 8 materi yaitu Materi Kesehatan Mata, Hidung dan Telinga oleh dr. Ligar Hervian, Materi Personal Higien oleh dr. Nanda, Materi Kesehatan Reproduksi oleh dr. Rizka, Materi Imunisasi oleh Yuniatai, Materi Dagusibu oleh Srisukesih S Farm Apt, Materi PHBS, CTPS dan PSN serta Tentang Penyuluhan, Materi Kesehatan Gigi dan Mulut oleh dr. Dini Kartikasari dan Materi UKS oleh Damela.

"Setelah materi selesai siswa diminta untuk mengerjakan soal post test dengan maksud apakah siswa sudah mengerti dan memahami mengenai materi yang sudah diberikan,"katanya.

Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari berjalan dengan lancar, kegiatan di tutup oleh Titi Suryati selaku Ka TU Puskesmas 1 Cilongok. (Blakasuta Squad)

.

Komentar