Sosialisasi Pembuatan SEPTIC-TANK murah desa Kalisari

Image

Dalam rangka mewujudkan kesadaran (ODF) Open Defecation Free,  ODF sendiri merupakan kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini. Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100% pada seluruh komunitas. maka kami dari Puskesmas I Cilongok dengan narasumber bapak Ruswan berinisiatif menciptakan SEPTIC-TANK dengan biaya kuarang dari 500 ribu dan dapat digunakan maksimal tiga rumah. munculnya ide pembuatan  SEPTIC-TANK murah ini untuk menekan biaya pembuatan SEPTIC-TANK biasa yang biayanya lebih mahal, dengan adanya ide ini maka masyarakat dapat menjangkau untuk membuat  SEPTIC-TANK murah, serta dapat menekan perilaku BABS (Buang Air Besar Sembaranagan).

Jalanya Acaea Dihadiri masing-masing perwakilan dari desa

 

Dibawakan oleh Sanitarian Puskesmas I Cilongok Ibu Sri Marheni (kiri), Sanitarian Puskesmas II Cilacap Tengah bapak Niswan (tengah) serta Kepala desa Kalisari Aziz Masturi (kanan).

 

Penyampain materi oleh bapak Niswan, tentang bahan, alat yang dibutuhkan serta proses pembuatanya.

 

Proes Pembuatan SEPTIC-TANK murah di bingbing langsung oleh bapak Niswan.

 

Proses Finising, merupakan proses pengeleman sambungan paralon dengan drum supaya tidak terjadi kebocoran pada saat digunakan.

 

SEPTIC-TANK siap digunakan

 

Selengkapnya dwonload filenya DISINI

Video tutorial pembuatan SEPTIC-TANK DISINI

.

Komentar