Publikasi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Semester II 2020
A. LATAR BELAKANG
Pada dasarnya setiap manusia membutuhkan pelayanan, bahkan dapat disimpulkan pelayanan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Pelayanan publik dapat dikatakan sebagai pemberi layanan kebutuhan masyarakat yang mempunyai kepentingan ataupun kebutuhan kepada instansi yang melayani. Sehingga pelayanan publik merupakan pemenuhan keinginan ataupun kebutuhan masyarakat.
Data dan informasi kesehatan sangat penting untuk penyusunan program yang menyangkut masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin peduli dengan situasi kesehatan dan hasil pembangunan kesehatan yang telah dilakukan oleh pemerintah terutama terhadap masalah – masalah kesehatan yang berhubungan langsung dengan kesehatan mereka, sebab kesehatan menyangkut hajat hidup masyarakat luas.
B. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Perublik Indonesi Nomor 14 tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik dan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : KEP/14/M.PAN/2/2017 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Publik Instansi Pemerintah, maka Puskesmas Cilongok I dengan ini melaporkan hasil survey telah melakukan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik, karena Indeks Kepuasan Masyarakat merupakan tolak ukur untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan di Puskesmas Cilongok I.
c. TUJUAN
Tujuan dilakukan Survey Kepuasan Masyarakat akan didapatkan:
1.Output |
: |
Peningkatan kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Cilongok I |
2.Outcome |
: |
Tersedianya Pelayanan Kesehatan yang berkualitas |
3.Benefit |
: |
Peningkatan jumlah masyarakat yang dilayani di Puskesmas Cilongok I |
4.Impact |
: |
Masyarakat merasa senang dengan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Cilongok I |
D. SASARAN
Tercapainya kebijakan kesehatan yang mendukung reformasi di bidang kesehatan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan mempertimbangkan keinginan masyarakat di Puskesmas Cilongok I
E. HASIL YANG DIHARAPKAN
Dengan adanya survey IKM ini sesuai dengan Visi dan Misi Puskesmas serta kerjasama masyarakat dalam bidang kesehatan.
F. MANFAAT
Untuk perbaikan kinerja dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas.