Membina Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Sokawera

Image

Cilongok 1-Untuk mewujudkan kesehatan lingkungan masyarakat, Puskesmas 1 Cilongok melaksanakan program pembinaan Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Sokawera pada Sabtu (12/1) pukul 09.00 di Aula Desa Sokawera Kecamatan Cilongok. 

Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH mengatakan, latar belakang dilaksanakan program tersebut adalah kesehatan dasar dibangun atas kondisi lingkungan yang baik dan sehat. Hal itu menjadi skala prioritas Puskesmas 1 Cilongok dalam pembangunan kesehatan di wilayahnya.  

"Kegiatan tersebut menjadi sebuah edukasi dan membina peran serta masyarakat secara langsung dalam hal kesehatan terutama sanitasi. Dan hal yang kami tuju juga terkait tercapainya Lima Pilar STBM,"jelasnya.     

Selain hal tersebut, dr Teguh melanjutkan, melalui kegiatan dengan penanggungjawab, Sri Marheni Amd KL dan peserta adalah kader kesehatan serta Bidan Desa Sokawera, pihaknya sharing dan kerjasama dengan masyarakat juga Pemerintah Desa Sokawera. "Jadi masyarakat aktif bersama pemdes serta puskesmas bersama-sama dalam mewujudkan desa STBM,"jelasnya.

Hasil dari kegiatan tersebut, kata dr Teguh, adalah kader dan bides antusias belajar membuat dan mencoba memetakan kondisi lingkungan di desanya. Sehingga pelaksanaan penanganan bisa terukur dan hasilnya bisa maksimal.    

"Selain memetakan kondisi lingkungan, hasilnya adalah memberikan solusi dan masukan untuk menyelesaikan masalah kesehatan lingkungan. Pemdes dan FKD Sokawera sangat mendukung juga apresiasi kegiatan tersebut,"pungkasnya. (Blakasuta Squad)

.

Komentar