Pendampingan Reakreditasi Puskesmas 1 Cilongok

Image

Cilongok1-Untuk menyiapkan tim menghadapi Reakreditasi Puskesmas 2019, pendampingan Reakreditasi Puskesmas 1 Cilongok dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi selama dua hari yaitu Jumat-Sabtu (1-2/2) di Puskesmas 1 Cilongok.

Sebagai penanggungjawab kegiatan Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH bersama Kepala TU Puskesmas 1 Cilongok Titi Suryati mengatakan, kegiatan pendampingan selain untuk menyiapkan tim menghadapi Reakreditasi 2019 juga sebagai dasar akuntabilitas Puskesmas dalam melayani masyarakat. Kegiatan ini selama 2 hari dimulai pukul 07.00 pagi sampai pukul 17.15 dan dipantau oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Sadiyanto SKM M Kes.


"Sehingga menjadikan pelayanan puskesmas yang lebih bermutu dan inovatif. Pendampingan oleh Dinkesprov Jawa Tengah selama dua hari. Kegiatan dan pelaksanaan juga perencanaan di Puskesmas 1 Cilongok sudah baik,"jelasnya.


Namun hasil pendampingan tersebut, lanjut dr Teguh, ada evaluasi yaitu catatan selama pendampingan adalah pendokumentasian kegiatan yang belum tertata dan fokus pada arsip kegiatan dengan baik. "Disemua lini untuk dilakukan pendokumentasian sebagai wujud hasil kegiatannya,"katanya.


Secara terpisah Kadinkes Kabupaten Banyumas Sadiyanto SKM M Kes menyatakan bahwa akreditasi adalah kewajiban Puskesmas dalam pertanggungjawaban menjaga mutu pelayanan kepada masyarakat. Dengan akreditasi Puskesmas diharapkan dari sarana maupun Sumber Daya Manusia dan keuangan dapat dipertanggungjawabkan dengan, baik dan kualitas hidup serta derajat kesehatan masyarakat bisa semakin baik. "Laporan hasil pendampingan ini akan dijadikan dasar untuk pembenahan dan perbaikan dikegiatan 2019 serta tahun selanjutnya,"katanya. (Blakasuta Squad)

 

.

Komentar