Kunjungi 32 Rumah Dalam Pemantauan Bantuan STBM Stunting

Image

Cilongok1-Sebanyak 32 rumah di Desa Gununglurah Kecamatam Cilongok didatangi petugas dari Puskesmas 1 Cilongok, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, FKD Gununglurah dan Pemdes Gununglurah pada Kamis (7/2) pukul 09.00 sampai selesai. Diketahui rumah tersebut sebagai penerima bantuan STBM Stunting.

Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH yang juga penanggungjawab kegiatan bersama Sri Marheni Amd KL menjelaskan, seperti diketahui Desa Gununglurah sebagai lokasi khusus kasus stunting di Cilongok. Angka stunting ada 32 kasus dan dalam penanganan dimasyarakat.

"Itulah kenapa kami fokus di Desa Gununglurah ini. Karena permasalahan kesehatan lingkungan kurang diperhatikan juga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat perlu dioptimalkan kembali,"jelasnya.

Pemantauan STBM Stunting ini disemua lini dilakukan sebagai wujud perhatian Puskesmas 1 Cilongok dalam rangka mengentaskan kasus stunting. Sebanyak 32 jamban senilai Rp 100 juta dialokasikan.

Selain pemantauan penerima STBM Stunting, kegiatan lainnya yaitu pemantauan gizi dan perbaikan kondisi anak kasus stunting. Kegiatan ini dipantau oleh Kepala Puskesmas 1 Cilongok dan dibuat laporan perkembangannya.

"Harapannya ada kolaborasi masalah kesehatan di Desa Gununglurah dari masyarakat,kader kesehatan,FKD dan Pemdes. Dalam hal koordinasi lintas sektoral dari Forpimcam sudah membantu solusi permasalahan tersebut,"pungkasnya. (Blakasuta Squad)

 

.

Komentar