Sahabat Gigi Anak SDN Panembangan

Image

Cilongok-Mencegah gigi rusak atau carries pada usia anak-anak, melalui program Sahabat Gigi Anak Puskesmas 1 Cilongok melaksanakan kegiatan pemeriksaan gigi di SD Negeri Panembangan pada Sabtu (9/2) mulai pukul 08.00 sampai selesai.  

   Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, kasus gigi rusak banyak ditemui pada anak usia 5-8 tahun. Dengan ditemui kasus tersebut melalui program Sahabat Gigi Anak, Puskesmas 1 Cilongok menyasar siswa sekolah dasar.

    "Sebanyak 54 anak kelas 1 dan 2 mengikuti kegiatan dengan penanggungjawab drg Dini Kartikasari dan Damela Putri AMKG. Melalui kegiatan ini juga mengedukasi dan mendekatkan diri supaya anak-anak tidak takut diperiksa giginya,"jelasnya.

    Dalam kesempatan tersebut, lanjut dr Teguh, disampaikan materi tentang cara merawat gigi dimulai dari pelatihan perawatan dan gosok gigi yang baik dan benar. Setelah terbiasa dalam gosok gigi setiap hari, gigi akan terhindar dari kerusakan.

     "Kami mengajak siswa untuk tidak takut untuk datang ke dokter gigi. Selain gosok gigi rutin, pemeriksaan gigi rutin juga harus dilakukan. Kalau periksa rutin akan mengetahui kesehatan gigi kita sejak dini,"jelasnya.

    Hasil kegiatan tersebut masih ada kasus kerusakan gigi anak baik carries maupun plak bahkan ada yang gangren pulpa. Diharapkan anak mampu melakukan gosok gigi dengan baik dan benar dan tidak takut lagi periksa gigi. "Disarankan kepada guru sekolah juga memperhatikan kesehatan anak didiknya. Anak sehat dan bugar pasti akan lebih berprestasi,"pungkasnya. (Blakasuta Squad)

.

Komentar