Konseling dan Sosialisasi Leptospirosis di Puskesmas 1 Cilongok

Image

Cilongok1-Hujan dengan intensitas tinggi harus diwaspadai akan air meluap seperti banjir atau sampai ada genangan air baik sungai, selokan, saluran irigasi, sawah dan lumput. Namun masyarakat berhati-hati dengan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira yang ada di urine/kencing tikus, kucing, anjing dan lainnya yang terbawa melalui air tersebut.

Pasalnya jika kulit kita lecet, bakteri akan masuk ke dalam tubuh sehingga kita bisa terkena penyakit Leptospirosis. Untuk itu, Puskesmas 1 Cilongok melaksanakan sosialisasi dan edukasi serta konseling tentang penyakit Leptospirosis pada Jumat (15/2) lalu di Puskesmas 1 Cilongok.

Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan kegiatan sosialisasi diikuti pasien dan keluarga serta pengunjung puskesmas. Kegiatan tersebut mengangkat issue penyakit Leptospirosis karena sudah ada angka kesakitan di wilayah kerja puskesmas.

"Kami sampaikan hal terkait pencegahan dan antisipasi bahaya Penyakit Leptospirosis juga tindak lanjutnya. Selain itu, gejala terkena penyakit tersebut juga kami sampaikan dengan dialogis,"jelasnya bersama penanggungjawab kegiatan Nining Ustiyani SKM.

Dari kegiatan tersebut diketahui bahwa masih ada masyarakat yang belum mengetahui cara pencegahan atau gejala terkena penyakit tersebut. "Kami akan terus melakukan sosialisasi dari berbagai materi. Karena kegiatan ini juga dengan materi berbeda. Dan bukan hanya di puskesmas, kami selalu sampaikan dalam setiap kegiatan terutama Penyakit Leptospirosis,"jelasnya.

Diharapkan, lanjut dr Teguh, masyarakat mengimplementasikan dan melaksanakan kegiatan Promosi Kesehatan. Selain itu, kolaborasi antar profesi di SAMA SAKU agar berjalan baik dan sukses sampai dengan Administrasi dan Perencanaan kegiatan dilakuan dengan baik. Juga antisipasi bahaya penyebaran penyakit yang mungkin dihadapi.

"Semoga kegiatan ini bisa menambah pengetahuan dan juga mulai memahami penyakit pada masyarakat juga meningkatkan upaya dan peran serta masyarakat lebih baik agar bisa meningkatkan derajat kesehatannya,"harapnya. (Blakasuta Squad)

.

Komentar