Sosialisasi Bantuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat untuk Desa

Image

Cilongok1-Diikuti oleh Pemdes , Ketua BPD dan FKD, Ketua TP PKK Desa, Ketua RT dan RW, Kader Kesehatan dan Tokoh Masyarakat, Puskesmas 1 Cilongok bersama dengan Camat Cilongok bersama Forpimcam lainnya dan Perwakilan Dinas Permukiman Kab Banyumas serta Team Pendamping Pemberdayaan Masyarakat Desa melaksanakan sosialisasi bantuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Aula Balai Desa Cikidang pada Jumat (8/2) pukul 20.00 sampai selesai.

   Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH sebagai penanggung jawab kegiatan bersama Pemdes Cikidang mengatakan, masih ditemukannya rumah warga yang belum memiliki jamban layak dan sanitasi kurang baik menjadi salah satu alasan dilaksanakan program bantuan tersebut.

   "Bantuan Pemda Banyumas melalui Dinas Permukiman berdasarkan proposal juga kondisi wilayah. Sehingga melalui program ini juga mempersiapkan Desa Cikidang menjadi Desa STBM mandiri,"jelasnya.

     Diharapkan, melalui program ini tidak ada warga yang sakit akibat penyakit lingkungan seperti diare,thypus,hepatitis dan gatal kulit lainnya. Dalam sosialisasi tersebut, warga juga diberi kesempatan untuk bertanya dalam forum diskusi.

    Diketahui, bantuan sebanyak Rp 330 juta dialokasikan untuk 80 KK diharapkan dapat dikembangkan dan lebih banyak manfaat KK yang merasakannya. Masyarakat juga diharapkan dapat berperan serta aktif baik pemikiran tenaga maupun materiil untuk memaksimalkan hasil bantuan ini.

    Camat Cilongok Drs Lukman Nazarudin berpesan, semoga masyarakat turut andil membantu pelaksanaan ini dengan baik dan hasil akhir kesehatan lebih baik. Pilar STBM diharapkan menjadi budaya kesehatan masyarakat Desa Cikidang. (Blakasuta Squad)

.

Komentar