Pemeriksaan Calon Jamaah Haji 2019

Image

Cilongok1-Memastikan kondisi kesehatan calon jamaah haji di Kecamatan Cilongok terpantau dengan baik, 85 calon jemaah haji mengikuti pemeriksaan kesehatan di Puskesmas 1 Cilongok pada Kamis-Jumat (7-8/2) mulai pukul 07.30 sampai selesai.

    Kepala Puskesmas 1Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, calon jemaah haji tahun 2019 di Kecamatan Cilongok diperiksa kesehatannya satu per satu. Sebagai penanggungjawab kegiatan dr Diana Novitasari dan Taqwa Amarullah AMK.

    "Sebagai isthito'ah bidang kesehatan untuk calon jamaah haji, kegiatan ini digelar. Pasien satu persatu diperiksa kesehatannya terutama kondisi fisiknya,"katanya.

      dr Teguh menerangkan, dalam kegiatan tersebut dilakukan pemeriksaan, terapi dan konseling oleh dokter Umum, Analis Lab (Petugas lab) dan Ahli Gizi. Kegiatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, tanya Jawab keluhan pasien dan edukasi. Serta konseling Gizi untuk pasien dengan Tensi tinggi (hipertensi), gula (DM), dan penyakit yang lainnya.

    "Jika ada yang perlu dirujuk, kami melakukan rujukkan ke RS pada calon haji yang memerlukan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut. Kemudian memberikan pengetahuan (penyakit yang diderita, resiko penyakit, gaya hidup yang dapat mengurangi bertambah buruknya penyakit yang diderita, pengobatan, dapat melakukan pencegahan agar tidak terjadi penyakit kronis).

    "Memberikan pengobatan sesuai keluhan dan jenis penyakit yang diderita. Dan follow up kesehatan calon haji, agar dapat menjaga kesehatan nya hingga pemberangkatan,"katanya.

     Dari hasil pemeriksaan diketahui masih ada kasus kesehatan pada calon jamaah haji yang perlu pemeriksaan rutin. Calon jamaah harus sabar dan semangat mengikuti rangkaian pemeriksaan ini karena pentingnya kesehatan untuk menunjang fisik prima dalam beribadah haji. (Blakasuta Squad)

.

Komentar