Rapat Koordinasi Kader Kesehatan Desa Rancamaya

Image

Cilongok1-Untuk meningkatkan upaya derajat kesehatan dan mutu kehidupan masyarakat Desa Rancamaya Kecamatan Cilongok terutama laporan kegiatan tahun 2018 digelar rapat koordinasi Kader Kesehatan desa setempat pada Selasa (12/2) di Aula Desa Rancamaya. Penanggungjawab dari Puskesmas 1 Cilongok yaitu Sukesi Amd Keb dan Nur Afandi S Kep Ners

Dalam kegiatan tersebut hadir peserta dari TP PKK Desa Rancamaya, Babinsa, Babinkamtibmas, Pemdes, Ketua FKD, Kader , Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Puskesmas 1 Cilongok melalui Pembina Wilayah Rancamaya.

Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, kegiatan rapat koordinasi diantaranya penyampaian tentang laporan hasil kegiatan 2018 dan hal-hal yang belum bisa dicapai juga hambatan dalam kegiatan bidang kesehatan.

"Apa yang sudah dikerjakan ada pertanggungjawabannya yaitu melalui pelaporan hasil kegiatan tahun 2018. Dan pelaporan dilakukan dalam forum supaya transparan, makanya digelar rapat koordinasi ini,"jelasnya.
Selain pelaporan kegiatan, juga kami evaluasi diantaranya meminta saran dan masukan dari semua wakil masyarakat. Serta meminta arahan dan dukungan semua masyarakat.

Hasil yang diperoleh yaitu sampai 2018 Desa Rancamaya sudah memiliki PKD dan FKD Aktif dengan kader merata disetiap RW. Kemudian kegiatan 5 Pilar STBM sudah dilaksanakan. Implementasi pelaksanaan PHBS serta mengikuti penilaian Desa PHBS.

"Hasilnya terkait Administrasi FKD dan kegiatan kader semakin membaik. Desa Rancamaya juga sudah memiliki Posyandu Balita dan Lansia juga Posbindu. Dan prestasi yaitu meraih beberapa kategori lomba di tingkat kecamatan maupun kabupaten,"jelasnya.

Usulan kegiatan untuk 2020 sudah bisa disampaikan ke desa dan puskesmas. Hambatan berbeda-beda disetiap RW karena sosial ekonomi dan kondisi geografis. Lalu cakupan dan capaian SPM sudah banyak yang terpenuhi.
Namun, untuk PHBS belum terpenuhi disemua RT yang ada. Hal itu yang akan diperbaiki. Kemudian satu lagi yang belum tercapai adalah cakupan sosialisasi Hidup CERDIK belum dilakukan.

"Semoga koordinasi ini juga meingkatkan upaya dan peran serta masyarakat lebih baik dan peran serta keluarganya juga lintas sektor secara menyeluruh,"pungkasnya. (Blakasuta Squad)

.

Komentar