Refreshing Pengisian KMS dan Pemahaman Isi Buku KIA

Image

Kader Posyandu harus paham akan isi buku KIA. Jangan sampai sebagai kader malah buta dalam membaca buku KIA yang berisi data atau grafik penting tentang kesehatan ibu dan anak. Untuk itulah, Kader Posyandu Desa Sambirata mendapat refreshing sekaligus monitoring-evaluasi  terkait pemahaman isi buku KIA pada Kamis (17/1) pagi di Pendopo Balai Desa Sambirata Kecamatan Cilongok.


    Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, kegiatan yang dikoordinir oleh Arfiyanti Nur Aqmarina S Gz dan Yeni Rahayu Amd Keb diikuti kader posyandu desa setempat. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan monitoring dan evaluasi tentang pemahaman isi buku KIA dan cara mengisi grafik pertumbuhan balita Berat Badan/Umur,Tinggi Badan /Umur, Berat Badan/Tinggi Badan.


   "Kader Posyandu harus paham akan hal tersebut. Baca secara baik dan bisa memahami sampai mengisi buku KIA. Jangan sampai ditanya oleh warga lainnya malah tidak mengetahui atau memahami. Jadi, kader posyandu harus paham. Untuk itulah kenapa kegiatan tersebut kami gelar,"jelasnya.


    Dengan kegiatan tersebut, dr Teguh berharap, Kader Posyandu lebih paham, mengerti tentang materi buku KIA sehingga bisa menjadi perpanjangan tangan tenaga kesehatan untuk mengedukasi masyarakat setempat.


    "Kami juga berharap Kader Posyandu terampil dalam mengisi grafik pertumbuhan balita.
Tumbuh kembang balita terpantau langsung oleh orang tua dan kadernya. Itulah harapan kami supaya kader dan ibu balita dan ibu hamil juga paham,"harapnya. (Blakasuta Squad)

.

Komentar