Pemantauan Wilayah bersama Kadinkes Banyumas di Cilongok

Image

Memastikan wilayahnya selalu terpantau kesehatannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas,Sadiyanto SKM M Kes ,bersama dengan Kepala Puskesmas 1 Cilongok melakukan pemantauan di wilayah Desa Kalisari, Desa Karanglo dan Desa Panembangan Kecamatan Cilongok pada Sabtu (19/1) pukul 09.30.

Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, walaupun libur semangat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas sangat tinggi dalam memantau langsung wilayah Puskesmas 1 Cilongok. Sebelum turun langsung ke desa wilayah kerja Puskesmas 1 Cilongok, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas datang ke Puskesmas yang berada di Desa Cikidang.

"Datang ke Puskesmas 1 Cilongok kemudian melakukan pemantauan kinerja jajarannya dalam melayani masyarakat,"katanya.

Setelah memantau kinerja, lanjut dr Teguh, Kadinkes memberikan motivasi kepada para karyawan Puskesmas. Bukan hanya motivasi tersebut, Kadinkes juga memberikan pembekalan untuk dr Nurul Eka Santi yang mewakili Kabupaten Banyumas dalam penilaian dokter teladan tingkat Provinsi Jawa Tengah.

"Kemudian yang diberi pembekalan adalah Sri Marheni Amd KL mewakili Kabupaten Banyumas dalam penilaian sanitarian teladan tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dan Desty Novitasari Amd Gz mewakili Kabupaten Banyumas dalam penilaian nutrisionis tingkat Provinsi Jawa Tengah. Berarti ada tiga perwakilan dari Puskesmas 1 Cilongok yang akan mewakili Banyumas dalam lomba tingkat Provinsi Jawa Tengah,"jelasnya.

Setelah acara di Puskesmas 1 Cilongok, sambung dr Teguh, Kadinkes melakukan pemantauan wilayah. Tujuan pertama adalah ke SDN Karanglo memantau persiapan Lomba Sekolah Sehat tingkat Provinsi Jawa Tengah. Setelah kegiatan di SDN Karanglo dilanjutkan dengan bertemu warga Desa Kalisari.

"Di Desa Kalisari melihat langsung pembuatan jambansasi yang dilaksanakan gotong royong oleh warga dan melakukan pengecekan lokasi jamban komunal 58 KK,"jelas dr Teguh.

Dari Desa Kalisari istirahat siang dan dilanjutkan pemantauan ke SDN 3 Karangtengah dan terakhir ke SDN Panembangan untuk pemantauan Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional. Dari hasil pemantauan diperoleh hasil bahwa persiapan yang dilakukan baik pihak Puskesmas 1 Cilongok dalam lomba tingkat Provinsi sudah baik ditambah pematangan inovasi saja. Selain itu juga persiapan SDN Karanglo, Karangtengah dan Panembangan dalam lomba sekolah sehat.

"Diharapkan bukan hanya untuk persiapan lomba saja namun hasil akhirnya adalah kesadaran masyarakat akan kesehatan diri dan lingkungannya tertanam dalam diri setiap warga dan siswa sekolah,"pungkasnya. (Blakasuta Squad)

.

Komentar