25 Januari Hari Gizi Nasional SELAMAT HARI GIZI ke-59

Image

Cilongok1-Tema HGN (Hari Gizi Nasional) 2019 adalah Keluarga Sadar Gizi Indonesia, Sehat & Produktif. Keluarga Sadar Gizi (KADARZI) adalah keluarga yang semua anggota keluarganya mampu mengenal, mencegah dan mengatasi masalah kesehatan dan gizi bagi setiap anggota keluarganya (Depkes, 2007). 

Sasaran dari program KADARZI adalah seluruh anggota keluarga karena pengambilan keputusan dalam bidang pangan, gizi dan kesehatan dilaksanakan terutama di tingkat keluarga, sumber daya dimiliki dan dimanfaatkan di tingkat keluarga dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, masalah gizi seperti gizi kurang, gizi buruk, dan sebagainya yang terjadi di tingkat keluarga sangat erat kaitannya dengan perilaku keluarga, tidak semata-mata disebabkan oleh kemiskinan dan ketidaktersediaan pangan. Kebersamaan antar keluarga dapat memobilisasi masyarakat untuk memperbaiki keadaan gizi dan kesehatan (Depkes RI, 2004).


Suatu keluarga dikatakan berperilaku sadar gizi, apabila keluarga telah berperilaku gizi yang baik secara terus menerus minimal
adalah:
1. Menimbang berat badan secara teratur,
2. Memberikan Air Susu Ibu (ASI) saja kepada bayi sejak lahir sampai umur
enam bulan (ASI eksklusif),
3. Makan beraneka ragam,
4. Menggunakan garam beryodium,
5. Minum suplemen gizi sesuai anjuran.


Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH mengatakan, untuk menuju Keluarga Sadar Gizi pihaknya sudah melangkah dengan program kegiatan dengan turun langsung ke masyarakat terutama edukasi kesehatan seperi menimbang berat badan secara teratur dan sebagainya.


"Edukasi kepada masyarakat terus kami laksanakan terutama terkait gizi. Hal kecil seperti memberikan ASI kepada anak yang baru lahir, menggunakan garam beryodium, makan beraneka ragam dan minum suplemen gizi sesuai anjuran,"jelasnya.


Dr Teguh melalui petugas gizi Desty Novitasari AMG, berharap perilaku sadar gizi terus tertanam kepada masyarakat terutama di wilayah kerja Puskesmas 1 Cilongok. (Blakasuta Squad)

.

Komentar