Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bidang Kesehatan Puskesmas 1 Cilongok

Image

Cilongok1-Melaporkan hasil kegiatan 2018 dan hal-hal yang belum bisa dicapai juga hambatan dalam kegiatan bidang kesehatan, Puskesmas 1 Cilongok melaksanakan rapat Koordinasi Lintas Sektor Bidang Kesehatan pada Selasa (12/2) pagi di Aula 1 Puskesmas 1 Cilongok.

Penanggungjawab kegiatan yaitu Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH dan Titi Suryati selaku Ka TU. Sementara untuk peserta adalah Camat, Danramil, Kapolsek, Kepala KUA, Kepala UPK, Kepala Poskeswan & Pertanian, Kepala PLKB, Kades se-wilayah kerja, Ketua TP PKK Kecamatan, Ketua TP PKK Desa se-wilayah kerja, Tokoh Agama & Masyarakat, Kepala Puskesmas 1 Cilongok dan para Programer Kegiatan Puskesmas 1 Cilongok.

dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, selain melaporkan hasil dan evaluasi kegiatan 2018, pihaknya juga meminta saran dan masukan dari semua sektor. Selain itu meminta arahan dan dukungan semua sektor dan masyarakat.

"Rapat koordinasi lintas sektoral adalah untuk meningkatkan upaya derajat kesehatan dan mutu kehidupan masyarakat juga mutu pelayanan kesehatan. Karena kami mendampingi aspek pembiayaan kegiatan antar sektor sehingga rapat ini diikuti berbagai pihak yang terlibat,"jelasnya.

Untuk laporan yang disampaikan yaitu kegiatan Administrasi Layanan Masyarakat. "Semua sudah tercapai kebutuhan dan sesuai peraturan,"jelasnya.

Sementara untuk Administrasi kelengkapan jaminan kesehatan oleh masyarakat belum dipenuhi semua masyarakat. Kemudian penyususnan dokumen dilakukan setiap tahun dan dokumentasi akreditasi juga dilakukan.

"Usulan kegiatan untuk 2020 sudah bisa disampaikan. Lalu terkait kegiatan Upaya Kesehatan Masyarakat, semua kegiatan dapat dilaksanakan dan didukung oleh lintas sektor terkait. Terkait dengan hambatan, berbeda-beda disetiap desa untuk lebih kuat agar selalu koordinasi. Cakupan dan capaian SPM sudah banyak yang terpenuhi. Layanan Upaya Kesehatan Perorangan, PHBS belum terpenuhi disemua RT yang ada.

"Cakupan sosialisasi Hidup CERDIK belum dilakukan. Kelengkapan administrasi dan dokumenya pasien rawat jalan maupun rawat inap semakin baik,"katanya.

dr Teguh berharap rapat koordinasi dapat meningkatkan upaya dan peran serta masyarakat lebih baik dan peran serta keluarganya juga lintas sektor secara menyeluruh demi kesehatan bersama. (Blakasuta Squad)

.

Komentar