Gunung Lurah Desa Peduli Kesehatan Gigi

Image

Cilongok1-Walaupun berada di wilayah utara dekat dengan pegunungan, Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok masuk wilayah kerja Puskesmas 1 Cilongok dan menjadi Desa Peduli Kesehatan Gigi. Hal itu terbukti dengan kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (11/3) di Posyandu Lansia RW 7 Gununglurah dengan penanggungjawab kegiatan Bidan Desa Ivadah Amd Keb - Damela Putri AMKG dan drg Dini P.

Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH mengatakan, kegiatan diikuti seluruh masyarakat desa setempat. Latar belakang dilaksanakan adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan lanjut usia dalam mencapai masa tua yang bahagia dan berdaya guna untuk kehidupan keluarga dan masyarakat.

"Kami melaksanakan edukasi dan pemeriksaan gigi untuk mengetahui apa saja masalah gigi dan mulut yang mungkin terjadi pada lansia. Selain itu kami juga menyampaikan bagaimana cara mengatasinya terhadap permasalahan gigi yang dihadapi,"jelasnya.

Jumlah peserta lansia yang diperiksa 22 orang dengan rincian 20 perempuan dan 2 laki-laki. Rekomendasi tindakan scaling ada 16 orang, pencabutan gigi 14 orang, penambalan 4 orang, pemasangan gigi palsu 15 orang dan premedikasi 1 orang.

Setelah dilakukan tensi, diukur berat badan dan periksa giginya peserta lansia senam bersama di pandu oleh petugas lansia yaitu Rusitah Amd Keb. "Riwayat DM 2 orang dan Riwayat HT 6 orang. Sangat disayangkan peserta laki-laki belum banyak yang aktif datang diacara pemeriksaan ini,"keluhnya.

Diharapkan para lansia dapat mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari dan merasakan manfaatnya. "Dan melalui kegiatan tersebut dapat mematik semangat kaum laki-laki untuk ikut kegiatan,"pungkasnya. (Blakasuta Squad)

.

Komentar