Senamè Wong Meteng

Senamè Wong Meteng

Cilongok 1- Siapa bilang ibu hamil tidak bisa melakukan olahraga?Ternyata boleh kok, namun ada aturannya bagi ibu hamil yang akan berolahraga, jadi tidak sembarang olahraga. Seperti yang dilaksanakan di Desa Rancamaya yaitu Kelas Ibu yang dikoordinir oleh Bidan Susiana Amd Keb dan Sukesih Amd Keb pada Rabu (16/1) pagi dengan tema Senamè Wong Meteng (Senamnya Ibu Hamil).

Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, Senamè Wong Meteng pastinya diikuti ibu hamil yang ada di Desa Rancamaya. Senam bagi ibu hamil sangat penting namun dengan aturan atau gerakan yang disesuaikan dengan kondisi orang yang sedang hamil.

"Bukan serta merta senam. Tapi senam yang dianjurkan mulai dari gerakan yang intinya akan membantu persalinan supaya lancar dan manfaat lain seperti menjaga kesehatan Ibu dan bayi,"jelasnya.

Selain itu, lanjut dr Teguh, manfaat dari senam ibu hamil adalah memperkuat aliran darah ibu selama kehamilan. Lalu melatih fisik ibu hamil. "Kegiatan sangat antusias diikuti peserta. Selain senam, bidan desa juga memberikan edukasi terkait kesehatan ibu hamil dan anak,"katanya.

Dr Teguh berharap dengan mengikuti kelas Ibu Hamil tersebut, ibu hamil bisa melakukan rutin sendiri dirumah. Lalu, kondisi ibu dan bayi terpantau dan persiapan persalinan lancar. "Kelas ibu hamil juga diisi pengetahuan dan keterampilan ibu untuk semakin memahami proses kehamilan. Juga menjaga dan merawat bayi nantinya. Juga dilatih menyusui dan perawatan bayi baru lahir,"jelasnya.

Hal lainnya adalah persiapan administrasi persalinan dan dokumen pendukungnya seperti KIS atau Jampersal, KTP suami istri dan Kartu Keluarga. Rujukan dan tempat persalinan dikomunikasikan dengan puskesmas agar lebih terpantau aman.

"Semoga kegiatan ini membantu menyelamatkan ibu dan bagi dlm Gerakan Sayang Ibu dan Bayi juga Program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng,"harapnya. (Blakasuta Squad)

Related Posts

Komentar