Gebrak DBD Lintas Sektoral dengan PSN Serentak

Image

Cilongok 1 - Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) rutin dan serentak merupakan upaya paling efektif dan efisien mencegah meluasnya kasus penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD). Diketahui saat ini DBD masih menjadi ancaman bagi masyarakat. Seperti yang dilaksanakan oleh Puskesmas 1 Cilongok di seluruh wilayah kerja dilaksanakan PSN serentak dengan diikuti oleh Forpimcam Cilongok, Instansi dan Dinas, Kepala SMK/SMP/MTs/SD/MI dan TK, Pendamping PKH, LSM dan Ormas serta masyarakat pada Jumat (18/1) mulai pukul 07.00 WIB.


    Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, curah hujan yang meningkat dan adanya laporan kasus DBD lalu angka kesakitan di Banyumas meningkat, digelarlah kegiatan PSN secara serentak. Walaupun sebelumnya, pihak Puskesmas 1 Cilongok selalu mengajak masyarakat untuk melaksanakan kebersihan lingkungan secara rutin terutama PSN.


    "Kebersihan lingkungan selalu kami mengajak kepada masyarakat untuk dilaksanakan secara rutin. Terlebih dengan curah hujan yang tinggi dan adanya laporan kasus DBD. Untuk itu, melalui Gebrak DBD dengan PSN Serentak, jentik-jentik nyamuk atau sarang nyamuk bisa kita bersihkan,"jelasnya.
     Pelaksanaan PSN disemua lini dilakukan akan dilaksanakan setiap Jumat Pagi.


Kegiatan PSN dimulai Jumat ini, sekitar jam 07.00 WIB pagi dan dipantau Forpimcam secara bergantian tanggung jawab wilayah. Laporan hasil PSN dilaporkan ke Bupati melalui puskesmas dan Dinas Kesehatan.
    "Hasilnya kami laporkan ke Bupati melalui Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas. Jadi kegiatan ini terus kami pantau sampai benar-benar lingkungan bersih,tidak ada lagi laporan kasus DBD dan perilaku kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan berjalan dengan baik,"harapnya.


    Titik kegiatan PSN diantaranya, Desa Karanglo untuk siap PSN di masyarakat dan sekolah bersama dengan Camat Cilongok Drs Lukman Nazarudin. Kemudian Desa Rancamaya,PSN di masyarakat dan sekolah bersama dengan Kapolsek Cilongok. Di Desa Gununglurah kegiatan PSN di masyarakat dan sekolah bersama dengan Danramil 23/Cilongok.


    Lalu Desa Pernasidi PSN di masyarakat dan sekolah dengan Kepala Puskesmas 1 Cilongok. Di Desa Panembangan, PSN di masyarakat dan sekolah dengan kepala UPK. Desa Cikidang  PSN di masyarakat dan sekolah dengan kepala KUA. Untuk Babinsa dan Babinkamtibmas langsung menjadi leader di wilayah binaannya. sementara PSN kantor masing-masing dibawah komando Sekretaris atau Waka.,"jelasnya.


    Hasil dari kegiatan PSN, masih terdapat genangan air terutama rumah yang kosong. Terbanyak di kebun sekitar pemukiman warga. "Hasil ini akan kami evaluasi dan menggerakan warga untuk PSN mulai dari tingkat RT, RW dan Desa,"pungkasnya. (Blakasuta Squad)

.

Komentar