Pemeriksaan Garam Masyarakat Beryodium

Image

Cilongok1-Memastikan garam beryodium yang dikonsumsi masyarakat mengandung kadar yang cukup, Puskesmas 1 Cilongok melakukan pemeriksaan di tingkat rumah tangga di Posyandu Mayasari 3 Desa Rancamaya Kecamatan Cilongok pada Rabu (7/2) pukul 10.00.

Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, untuk surveillans wilayah setempat terutama penggunaan garam beryodium dilaksanakan pemeriksaan dengan koordinator Sukesi Amd Keb dan Afriyanti Nur Aqmarina S Tr G dan peserta Ibu dan Balita.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pengecekan menggunakan Larutan Iodina Test. Dari 26 sampel garam yang diambil menunjukkan perubahan warna menjadi biru tua yg merupakan indikator mengandung kadar yodium yang cukup yaitu 30 - 80 ppm.

"Terdapat 4 merk dengan rincian 2 merk tercantum SNI dan MD/SP. Sedangkan 1 merk hanya ada no SNI dan 1 merk lain tidak ada nomor SNI dan MD/SP. Disarankan kepada warga masyarakat untuk membeli garam yang mengandung cukup kadar yodium serta mempunyai No SNI dan MD/SP. Jangan asal beli, tapi liat kadar dilabel kemasan,"jelasnya.

dr Teguh menjelaskan, dengan kegiatan yang rutin dilaksanakan tersebut memberikan edukasi kepada warga tentang cara penyimpanan dan penambahan secara benar pada proses memasak agar kadar yodium tidak hilang atau berkurang banyak.

"Kami sampaikan terkait manfaat menggunakan garam yang beryodium dengan kadar yang standar dan akibat dari penggunakan dengan kadar garam beryodium yang tidak cukup bahkan dengan merk yang sudah SNI atau belum,"pungkasnya. (Blakasuta Squad)

.

Komentar