Pembekalan dan Pembagian Berkas Kesehatan Calon Haji 2019 Puskesmas Cilongok 1

Image

 

Cilongok1-Pada Sabtu (20/7), Puskesmas Cilongok 1 melaksanakan kegiatan pembekalan dan pembagian berkas kesehatan calon jamaah haji 2019 di Puskesmas Cilongok 1. Dengan PJ Kegiatan yaitu dr Diana Novitasari dan Tim Kesehatan Haji.


Kepala Puskesmas Cilongok 1 dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan tujuan kegiatan adalah ntuk memberikan penjelasan terkait kesehatan selama di tanah suci. Seperti diketahui calon jamaah haji harus disuntik menginitis.


"Walaupun tahapan kegiatan sudah kami laksanakan mulai dari pemeriksaan kesehatan, pembekalan dan penyuluhan kesehatan sampai pembagian berkas. Telah berjalan dengan lancar,"jelasnya.


Pembekalan diikuti oleh jamaah haji 2019 Wilayah Puskesmas Cilongok 1 yang berjumlah 86 calon jamaah. Dengan bekal kesehatan calon jamaah haji merupakan hal yang sangat penting diperhatikan agar dapat beribadah di tanah suci secara optimal.


"Peralatan kesehatan serta obat-obatan yang perlu dibawa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing jamaah,"katanya.


Selain itu, lanjut dr Teguh, jamaah juga diberi Kartu Kesehatan Jamaah Haji (KKJH) yang berisikan riwayat kesehatan jamaah haji selama pemeriksaan di puskesmas. "Kesehatan jamaah haji selalu kami pantau setiap bulannya. Kami juga melakukan tes fisik (tes kebugaran),"jelasnya.


Tes fisik terbagi menjadi dua yaitu Tes Rockpot dan Six Minute masing-masing tes memiliki ketentuan tersendiri tergantung keadaan jamaah haji dan disesuaikan dengan diagnosa penyakit yang didapatkan berdasarkan pemeriksaan awal.


"Dengan mengikuti pemeriksaan di puskesmas diharapkan jamaah haji dapat menjalankan ibadah haji dalam kondisi sehat hingga pulang kembali ke tanah air,"pungkasnya. (Blakasuta Squad)

 

.

Komentar