PSN Serentak Didukung Forkompimcam, Bhabinkamtibmas dan Babinsa

Image

Cilongok1-Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di wilayah Puskesmas 1 Cilongok dilaksanakan setiap hari Jumat. Dalam setiap pelaksanaannya, Forkompimcam Cilongok, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Bidan Desa sebagai leader. Pada Jumat (25/1), PSN dilaksanakan di setiap desa seperti yang terlihat di Desa Cilongok dan Karanglo.

Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, dalam pelaksanaannya petugas baik dari Puskesmas, Forkompimcam, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Bidan Desa dengan cermat memeriksa setiap sudut rumah dan lingkungan. Sasarannya adalah genangan air di wadah atau tempat yang terindikasi sebagai sarang jentik nyamuk.

"Berbekal lampu senter, jika menemukan genangan air langsung diperiksa karena jentik nyamuk sarang ada di tempat tersebut. PSN ini, serentak dilaksanakan di wilayah Puskesmas 1 Cilongok,"jelasnya.

Dari hasil pantauan di lapangan, lanjut dr Teguh, masih ditemukan genangan air terutama di kebun atau pekarangan rumah yang menjadi sarang nyamuk dan jentik. Kepada masyarakat, pihaknya melakukan edukasi dan himbauan akan Demam Berdarah.

"Masyarakat harus mendapat edukasi terkait apa itu Demam Berdarah, bagaimana seseorang bisa terjangkit dan seperti apa lingkungan yang bisa menjadi tempat sarang nyamuk tersebut. Jangan sampai masyarakat tidak paham terkait hal tersebut,"jelasnya.

Dengan kegiatan PSN serentah, dr Teguh berharap masyarakat sadar akan kesehatan baik diri sendiri maupun lingkungannya. "Seperti dua sisi mata uang, antara kesehatan diri sendiri dan kondisi lingkungan saling berkaitan. Untuk itu diharapkan masyarakat sadar akan kesehatannya terutama dengan rutin membersihkan lingkungannya,"harapnya.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar. Dan hasilnya masih banyak ditemukan jentik nyamuk. Petugas langsung membersihkan sarang nyamuk tersebut. (Blakasuta Squad)

 

.

Komentar