Desa Peduli Gigi Puskesmas 1 Cilongok

Image

Cilongok1 -Meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan lanjut usia untuk mencapai masa tua yang bahagia,salah satu upaya dilaksanakan pemeriksaan dan edukasi terkait kesehatan gigi dan mulut yang dilaksanakan pada Sabtu (19/1) pukul 09.00 di Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok.


Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, kegiatan tersebut adalah salah satu bentuk kegiatan inivasi baru yang dilaksanakan oleh Puskemas 1 Cilongok. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada pasien lansia tentang kesehatan gigi dan mulut.


"Dengan pemeriksaan gigi berupa skrining kondisi kesehatan gigi mulut, diharapkan dapat diketahui kelainan di rongga mulut secara dini untuk kemudian bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut di Puskesmas atau Rumah Sakit,"katanya.


Selain itu, lanjut dr Teguh, melalui kegiatan tersebut diperoleh data dalam mengetahui apa saja masalah gigi dan mulut yang mungkin terjadi pada lansia dan bagaimana cara mengatasinya. Diharapkan para lansia dapat mempraktekannya apa yang diperoleh yaitu edukasi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari dan merasakan manfaatnya.


"Masyarakat diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kepeduliannya terhadap kesehatan gigi dan mulut mereka. Terutama untuk penggantian gigi hilang dengan gigi tiruan, yang dapat dilakukan di fasilitas kesehatan, bukan di tukang gigi,'ungkap dr Teguh.


Sebagai penanggung jawab kegiatan adalah drg. Dini Kartikasari dan Damela Putri Inan Kusumaningrum, AMKG. Jumlah peserta 37 orang dengan rincian laki-laki 8 orang dan perempuan 29 orang. Hasil pemeriksaan adalah Rekomendasi Tindakan Scaling sebanyak 33 orang, pencabutan 30 orang, penambalan 5 orang, gigi palsu 29 orang dan premedikasi 2 orang.


Melalui kegiatan tersebut, juga diharapkan pula bahwa masyarakat mau segera datang ke puskesmas ketika mengalami kelainan rongga mulut, sehingga penanganan dini dapat segera dilakukan oleh dokter gigi di puskesmas ataupun dirujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih berkompeten.


"Pada pasien yang telah mendapat penyuluhan, diharapkan dapat menyebarkan informasi yang mereka peroleh kepada keluarga dan masyarakat di sekitarnya, agar lebih peduli terhadap kesehatan gigi dan mulut,"harapnya. (Blakasuta Squad)

.

Komentar