Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim

Image

Cilongok1 - Untuk mendeteksi penyakit kanker payudara dan rahim, Puskesmas 1 Cilongok melaksanakan kegiatan deteksi dini terhadap penyakit tersebut pada Kamis (24/1/) mulai pukul 09.00 di Ruang Tunggu Periksa Puskesmas 1 Cilongok.

Sebagai penanggung jawab kegiatan adalah Sukinah Amd Keb dan Martiana NS Amd Keb. Sedangkan peserta adalah wanita telah menikah sampai usia 59 tahun , pagi ini hadir 30 peserta.


Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, alasan kegiatan berdasarkan adanya kasus kanker tersebut di wilayah kerja. Sehingga jika ada masyarakat yang terdeteksi bisa langsung ditangani secara cepat.


"Deteksi dini supaya penanganan cepat. Sehingga kegiatan ini dilaksanakan secara rutin dan diikuti oleh perempuan yang telah menikah sampai usia 59 tahun,"jelasnya.


Selain deteksi dini, lanjut dr Teguh, kegiatan tersebut juga memberikan penjelasan dan informasi tentang kanker tersebut. Sehingga peserta akan terlatih dan sadar untuk lebih perhatian terhadap kesehatannya sendiri melalui cara deteksi dini secara mandiri.


"Kegiatan tersebut juga sebagai sosialisasi pelayanan pemeriksaan deteksi dini kanker di Puskesmas 1 Cilongok,"jelasnya.


Dr Teguh berharap kegiatan berjalan baik dan masyarakat terutama sasaran wanita bisa mandiri juga bisa rutin melakukan pemeriksaan ke puskesmas.


"Sosialisasi agar masyarakat lainnya juga lebih peduli atas kesehatan diri maupun keluarga dan lingkungannya. Sarpras semakin mendukung deteksi dini kanker di puskesmas,"katanya.


Lalu, intervensi sosialisasi ke masyarakat diharapkan semakin membaik dengan indikator meningkatnya angka kunjungan deteksi dini kanker di wilayah kerja puskesmas 1 Cilongok. (Blakasuta Squad)

.

Komentar