SAMA SAKU Pernasidi Kunjungan ke Bayi Baru Lahir

Image

Cilongok1-SAMA SAKU Pernasidi melaksanakan kunjungan ke rumah bayi yang baru lahir dengan penanggungjawab Bidan Epit Amd Keb pada Kamis (24/1) siang. Kunjungan tersebut untuk memantau kesehatan bayi dengan kondisi Neonatus resiko tinggi.

Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto MPH menjelaskan, bayi yang baru lahir dengan kondisi Neonatus atas nama RAM berumur 24 hari lahir secara SC di rumah sakit. Berat badan bayi 2300 gram dan Panjang Badan 46 cm, sementara kondisi ibu bayi mempunyai riwayat Pre Eklamsi Berat (PEB) salah satu tandanya yaitu tekanan darah tinggi.

"Bayi ini punya resiko tinggi dengan kondisi Neonatus dan ada riwayat PEB pada kesehatan ibu bayi. Bidan mengecek kesehatan ibu dan bayi supaya penanganan bisa cepat. Kita rutin melaksanakan kunjungan ini,"jelasnya.

Lebih lanjut dr Teguh menambahkan, sudah banyak kasus neonatus Berat Badan Lahir Rendah ( BBLR ) ini di wilayah kerja sehingga SAMA SAKU intens melaksanakan kunjungan. Bukan hanya memantau kesehatan ibu dan bayi tapi bidan juga menjelaskan dan memberikan informasi tentang perawatan BBLR dan pemantauan kondisi ibu nifas.

"Kunjungan ini melatih dan menyadarkan ibu nifas juga keluarganya untuk lebih perhatian terhadap kesehatannya sendiri. Dalam kunjungan kami melakukan sosialisasi pelayanan pemeriksaan bayi dan ibu nifas sampai balita,"jelasnya.

Kegiatan tersebut berjalan rutin dan baik juga diharapkan masyarakat sasaran bisa mandiri , bisa rutin melakukan pemeriksaan ke puskesmas. Sosialisasi agar masyarakat lainnya juga lebih peduli atas kesehatan diri maupun keluarga dan lingkungannya. Sarana prasarana dan operasional kegiatan ini semakin mendukung pemeriksaan dan pemantauan ibu nifas juga bayi di Puskesmas 1 Cilongok. Intervensi sosialisasi ke masyarakat diharapkan semakin membaik dengan indikator menurunnya angka kematian bayi dan angka kematian ibu nifas di wilayah kerja puskesmas. (Blakasuta Squad)

.

Komentar