SAMA SAKU Sebuah Totalitas Melayani Kesehatan Masyarakat

Image

Cilongok1-Pada Selasa (29/1) di wilayah kerja Puskesmas 1 Cilongok dengan Penanggungjawab kegiatan Jumadi AMK dan Ahmad Muawam AMK dengan totalitas melayani kesehatan masyarakat binaan. Walaupun sampai ke wilayah pelosok dan jalan yang belum bisa dilalui kendaraan roda dua, tidak menyurutkan semangat tenaga paramedis dari Puskesmas 1 Cilongok tersebut.

Kepala Puskesmas 1 Cilongok dr Teguh Ariyanto menjelaskan, kegiatan pelayanan kesehatan door to door mengunjungi warga walaupun sampai ke wilayah pelosok desa. "Semua itu demi kesehatan dan kebugaran masyarakat terutama di wilayah kami,"jelasnya.


Dalam kegiatan tersebut, jelas dr Teguh, petugas melakukan kunjungan, pemeriksaan kesehatan, pendataan, pencatatan, laporan dan intervensi secara menyeluruh. Dengan diintegrasikan lintas program dan lintas profesi juga lintas sektoral pemantauan kesehatan masyarakat dapat berjalan dengan baik.


"Dengan ramah dan humanis, petugas kami datang ke rumah warga. Pengecekan kondisi dengan pendataan yang akurat kami laksanakan supaya deteksi dini penyakit bisa terekam dengan baik. Untuk itulah kenapa kami selalu total dalam setiap program,"katanya.


Hasil dari totalitas dalam melayani masyarakat yaitu diwajibkan untuk semua karyawan Puskesmas 1 Cilongok baik yang medis maupun pendukung medis dan juga non medis,minimal melaporkan masyarakat sakit yang dijumpainya. Kegiatan rutin tiap bulan atas kesadaran karyawan dan minimal melaporkan 4 masyarakat sakit yang ditemuinya atau menerima laporan masyarakat.


"Peran serta Pemdes dan FKD juga lintas sektoral lainnya sudah mulai terjalin baik dengan Program SAMA SAKU oleh Puskesmas 1 Cilongok ini,"pungkasnya. (Blakasuta Squad)

 

 

.

Komentar